Friday, March 27, 2009

Tutorial : Seni Garis dengan Efek Blend Tool dan Zig Zag di Illustrator

7 comments
Di tutorial yang pertama ini, saya mau menunjukkan salah satu efek sederhana yang dapat membuat desain kita menjadi lebih keren. Enggak perlu pake cara yang ribet dan efek yang aneh-aneh deh. Nah, bagi sobat yang sudah akrab ataupun yang baru berkenalan dengan Adobe Illustrator CS2 enggak ada salahnya mencoba trik ini. Okeh, lanjut ajah yak..


Menggambar dua garis yang saling menyilang



Buat dua garis lengkung dengan menggunakan Pen Tool. Pastikan kedua garis ini saling menyilang, boleh sekali atau lebih. Pokoknya harus menyilang sob.

Saatnya Blend tool beraksi



Seleksi kedua garis lengkung yang sudah kita buat dengan menggunakan Selection Tool (panah hitam). Selanjutnya double klik Blend Tool pada Toolbox hingga muncul Blend Option Box. Atur Spacing menjadi Specified Step dan masukkan angka 20 pada kotak isian. Pada Orientation pilih model yang kedua (Align to path). Klik OK. Dalam keadaan Blend tool aktif dan kedua garis terseleksi, klik starting point pada garis yang pertama kemudian klik kembali starting point garis kedua.



Nah, maka akan kita dapatkan efek seperti di atas. Kita masih bisa mengubah garis kita kalau dirasa kurang cocok, tapi garis yang terdapat di antara garis pertama dan garis kedua tidak bisa kita edit. Dengan Direct Select Tool (panah putih) kita bisa mengubah warna garis atau mengubah bentuk lengkungan/kurva garis.

Oia, efek blend tool ini enggak hanya berlaku untuk garis saja sob. Efek ini bisa juga kita terapkan untuk objek, misalnya efek blend dari bentuk persegi hingga menjadi bintang. Juga bisa untuk menciptakan gradasi warna. Caranya sama kok.. Seperti ini contohnya.



Giliran efek zig zag

Cara lain yang bisa menghasilkan efek garis dari bentuk sederhana adalah dengan menerapkan efek Distort Zig Zag dari menu Effects. Selain dari menu Effects, efek Distort Zig Zag juga bisa kita terapkan dari menu Filters. Cuma bedanya, kalau melalui menu Effects efek yang kita terapkan masih bisa diubah-ubah sedangkan melalui menu Filters efek yang kita terapkan bersifat permanen, tidak bisa diedit lagi.



Lanjut.. Gambar sebuah lingkaran (tekan dan tahan beberapa saat Rectangle tool (kotak putih) untuk menemukan Ellipse tool), jangan lupa tekan tahan Shift sewaktu menggambar lingkaran. Beri warna garis lingkaran (stroke). Pilih menu Effects > Distort > Zig Zag. Centang Preview untuk melihat hasil sementara. Nah mulailah berkreasi dengan menggeser slider pada pilihan yang tersedia. Terserah kita sob.. Kalau dirasa sudah cukup, klik OK. Kita bisa beri garis putus-putus pada bentuk yang jadi, caranya pada palet Stroke (pilih dari menu Window > Stroke) centang Dashed Line dan isi kotak Dash menjadi 3 pt.



Kita juga bisa menggunakan bentuk bintang. Gambar sebuah bintang (tekan dan tahan beberapa saat Rectangle tool untuk menemukan Star tool). Selanjutnya kita terapkan efek zig zag seperti cara sebelumnya. Sekali lagi, Jangan lupa centang Preview untuk melihat hasil sementara dan mulailah berkreasi dengan menggeser slider pada pilihan yang tersedia. Sudah mahir? Nah, buatlah beberapa bentuk lagi dan atur letaknya sedemikian rupa berdampingan dengan garis lengkung yang sudah kita buat.

Tadaa.. ini dia hasilnya



Nah, mudah kan sob? Dengan kreatifitas dan teknik yang sederhana kita bisa menghasilkan desain yang oke punya *halah..* Bagi yang belum sukses, ayo belajar lagi.. Semoga tutorial ini bermanfaat yak. GBU all..

Thanks buat Verlee untuk inspirasinya..

Read more!

Wednesday, March 18, 2009

Membatik di Komputer

17 comments
Hari ini saya iseng buka folder kumpulan wallpaper di komputer. Tadinya sih ingin cari inspirasi *sumber inspirasi yang aneh* , tapi saya diingatkan kembali dengan kisah-kisah wallpaper tersebut. Meskipun wallpaper yang saya punya diunduh dari internet, tapi gak sedikit yang saya buat sendiri. Heheh. Yeah, sebagian besar wallpaper bertema Harry Potter yang sering saya pajang di "warung" saya di forum HPI. Silahkan lirik di sini. Pertama kali buat wallpaper, jujur saya gak punya ide mengenai konsepnya. Thanks God, sobat-sobat di HPI sering kasih ide, komentar dan saran buat saya, meskipun gak semuanya ide-ide mereka bisa saya penuhi . Stuck dengan ide, trus saya coba cari konsep yang lain. Konsep seperti apa?


Tahun 2008 yang lalu, tren batik sempat booming di Indonesia. Batik mulai bagkit di "tanah"-nya sendiri. Batik yang tadinya hanya dikenakan pada acara-acara formal, sekarang sudah bisa dipakai dalam acara atau kegiatan apapun. Bahkan, ibu-ibu yang belanja ke pasar tradisional juga pake batik. Heheh.. Remaja putra dan putri juga sudah mulai berani pake batik. Ke kampus, jalan-jalan, ke kantor, ke mana ajah.. Karena membludaknya produk-produk batik, dari pakaian hingga aksesoris, mulai dari yang murah meriah sampai yang mahal gak ketulungan, membuat batik jadi terkesan pasaran dan enggak eksklusif lagi. Bener gak nih? . Nah, karena batik sedang tren pada saat itu, saya juga jadi ingin mem-batik-kan komputer saya. Yup, saya akhirnya membuat beberapa desain batik sebagai wallpaper komputer saya. Awalnya saya bingung mengenai desainnya, karena beberapa desain batik merupakan desain berulang, tapi enggak jarang berupa desain tunggal. Akhirnya saya buat deh desain batik yang berulang. Selain simple dan sederhana.. ukuran wallpapernya juga enggak terlalu besar. Tinggal atur Display Properties > Position menjadi *tile*, maka desain batik yang tadinya sederhana menjadi luar biasa *halah* .



Ini dia beberapa desain batik yang sukses saya buat. Bagi sobat-sobat yang juga ingin mem-batik-kan komputer atau laptop nya, sok atuh silahkan diunduh. Gratis..
















Read more!

Thursday, March 12, 2009

Tips Sebelum ke Warnet

0 comments
Kemarin saya pergi ke warnet dan asli bikin saya bete. Niatnya mau upload emoticon terus ngepost di blog, ngedit template dan nyari tutorial. Tapi, ternyata oh ternyata.. I got nothing. Beuh..

Di warnet pertama, koneksinya putus nyambung putus nyambung kayak lagu BBB. Belum lagi saya yang lupa nge-save file emoticon yang mau diupload ke flashdisk *dasar dudul*. Alhasil, tanpa berlama-lama lagi saya ngacir dari warnet tersebut *dengan membayar bill terlebih dahulu pastinya* dan langsung kabur ke warnet kedua. Di warnet ini, thanks God.. koneksinya cepat tanpa ada hambatan.. Maklum, pengunjung warnetnya enggak banyak *tumben*, biasanya rame tuh warnet dikunjungi anak-anak sekolahan. Saya ajah sering enggak kebagian. Jiah, jadi curhat nih. OK, BTT. Surfingnya lancar selancar surfing beneran di pantai. Situs-situs yang jadi tujuan juga terdownload sempurna. Tapi kebahagiaan tidak berlangsung lama sob. Belum sampai 20 menit kebahagiaan itu saya rasakan.. tiba-tiba.. blek *enggak tau mau kasih efek seperti apa* listrik padam. Sial.. Sial.. Mana tutorialnya belum disave ke flashdisk lagi. Duh, hari itu bener-bener sial. Akhirnya saya pulang ke rumah dengan tangan hampa. Hiks.


Dari pengalaman tersebut saya jadi dapat pelajaran berharga, dan ingin berbagi tips bagi sobat sekalian.
Pertama, ada baiknya sebelum pergi ke warnet rencanakan terlebih dahulu apa-apa saja yang akan menjadi tujuan kita. Misalnya mau ngecek e-mail, ngepost di blog, nyari tutorial dan sebagainya. Trus, buat deh to-do-list nya alias catatan. Boleh di secarik kertas, pake fasilitas notes/to-do-list di hape, atau pake notes beneran. Dengan ini, kemungkinan kamu lupa akan semakin kecil. Semakin efektif waktu yang kita gunakan di warnet, otomatis bill-nya juga semakin irit kan? heheh *jiwa Paman Gober muncul*.

Kedua, kalau kita pengen nge-download atau nge-upload sesuatu, foto-foto narsis kita misalnya, maka jangan sampai lupa dengan yang namanya flashdisk. Benda mungil ini enggak boleh sampai ketinggalan. Kalau sampai ketinggalan maka sia-sia deh kita ke warnet. Sebelumnya pastikan data-data yang mau kita upload disave di flashdisk terlebih dahulu. Oia, untuk memastikan tidak kelupaan biasanya saya menyimpan flashdisk beserta kertas yang berisi to-do-list kita tadi di sebuah kantung koin. Lebih praktis.

Ketiga, pastikan warnet yang kamu kunjungi enggak salah. Maksudnya koneksi warnet-nya harus stabil plus nyaman. Jangan salah sob, kenyamanan juga faktor penting *bagi saya* yang mendukung aktifitas kita di warnet. Kalau koneksinya dudul plus suasana warnet juga enggak nyaman, yang ada sel-sel saraf kita yang makin banyak putus. In other words.. Murka, marah, bete, kecewa.. Yeah, enggak ada salahnya kita buat survey kecil-kecilan. Bisa tanya teman-teman kita, atau coba-coba ke warnet lain untuk mengetahui kualitasnya.

Yup, itu dia tips yang mudah-mudahan bisa berguna bagi sobat sekalian. Apalagi bagi sobat hanya bisa mendapatkan layanan internet melalui jasa warnet seperti saya. Itupun kalau ada terselip lembaran lima ribu rupiah di saku celana *sungguh mengenaskan* Heheh.. Sekali lagi, many thanks bagi sobat yang sudah mampir dan menyempatkan diri membaca tulisan ini.
Gbu all..
Read more!

Wednesday, March 11, 2009

Cerita di Balik Emoticon Mimbs

8 comments
Tentu kita sudah enggak asing lagi dengan yang namanya emoticon, yakni ikon atau gambar berukuran kecil yang mewakili ekspresi tertentu. Info lebih lengkapnya kamu bisa cek di sini. Emoticon biasanya kita jumpai pas kita buat e-mail, posting di forum-forum internet, chatting bahkan di handphone zaman sekarang fasilitas SMS-nya juga dilengkapi dengan emoticon.. Beberapa emoticon yang sering digunakan antara lain:



Oke, bagi sebagian blogger.. termasuk saya *sok ngaku-ngaku jadi blogger*, enggak lengkap rasanya kalo setiap posting di blog enggak pake emoticon. Postingan kita bisa jadi tambah menarik *meskipun isinya belum tentu menarik hehew..*, luthu dan terkesan tidak "berat". Intinya sih supaya blog kita enggak ngebosenin bagi setiap orang yang udah mampir. Yeah, bukan berarti kita bisa sebebas-bebasnya membuat postingan dengan bertaburan emoticon di mana-mana. Yang ada postingan kita *yang biasa-biasa aja* malah semakin enggak karuan dan dicap enggak profesional. Eit's bukan berarti blog yang ada emoticon-nya enggak bisa profesional loh.. Dan enggak selamanya blog yang polos tanpa embel-embel emoticon juga profesional..


Nah, oleh karena itu saya berniat membuat emoticon sendiri.. yang lebih personal, unik dan berbeda dari emoticon-emoticon lainnya. Pada postingan sebelumnya saya sudah cerita tentang riwayat terciptanya karakter "aku" a.k.a. Mimbs yang menjadi avatar saya sekarang. Nah, berdasarkan karakter itu juga lah saya akan membuat emoticon versi saya sendiri. Setelah mencari beberapa referensi mengenai berbagai ekspresi yang biasa dipakai sebagai emoticon, dan berkutat dengan Illustrator, Photoshop dan ImageReady selama berjam-jam.. maka jadi juga emoticon-nya. Ini dia cuplikannya..



Gimana sob? Lucukan? Hehew..
Karena emoticon yang biasanya digunakan berukuran mini, so ini dia jadinya Emoticon Mimbs. Ukuran emoticon ini rata-rata 25 x 26 pixel, akibatnya ekspresi sebagian emoticon kurang terlihat jelas. Tapi gak papa dan gak mama deh, yang penting sudah bisa bikin yang lain ngiri. Hehew..


      
      


Dengan ini maka resmilah Emoticon Mimbs dilaunching dan akan segera menghiasi postingan-postingan saya selanjutnya. Hehew.. Well, thats it.. cerita seputar emoticon Mimbs.. Semoga bisa jadi inspirasi bagi sobat-sobat sekalian. Sekalipun enggak, minimal bisa jadi bahan bacaan di waktu luang. Many thanks sudah menyempatkan diri membaca postingan ini yak..
Umm, betewe.. shoutmix yang di sebelah, emoticon-nya bisa diganti enggak ya??
Gbu all.
Read more!

Monday, March 9, 2009

Cerita di balik avatar

0 comments
Nah lo, Avatar? Yup, tapi kita bukan mau ngebahas tentang serial kartun itu loh. Avatar the Legend of Aang. Avatar yang kumaksud adalah gambar yang digunakan sebagai representasi diri seseorang, biasanya digunakan dalam game dan forum internet. Untuk lebih lengkapnya bisa liat di wikipedia.. *males mode: on*

Oke, sekarang kita masuk ke ceritanya. Gambar yang kugunakan sebagai avatar di blog ini terinspirasi dari sebuah produk kerajinan tangan (Craft). Produk kerajinan tangan tersebut berlabel Purezento (dalam bahasa Indonesia, Purezento berarti kado kecil). Aku tau pas nonton sebuah acara di stasiun TV ONE. Nama program acaranya kalo gak salah Kabar Pagi. Kebetulan di acara tersebut diundang para "pendiri" Purezento. Di situ lah produk-produk Purezento pertama sekali aku lihat. Produk kerajinan tangan asli Bandung tersebut antara lain jam dinding, gantungan kunci, pensil, gantungan hape, pin dan masih banyak lagi. Loh? kok gak nyambung dengan gambar avatar? Nah, itu dia sob. Di setiap produk Purezento tersebut pasti terdapat gambar tokoh ciptaan Purezento. Gambar tokoh-tokoh itulah yang menjadi inspirasiku. Gambar tokohnya simpel banget.. Enggak terlalu banyak detail. Katanya sih karena sang desainer Purezento kurang bisa gambar. Heheh.. Tapi justru karena itulah tercipta tokoh-tokoh yang menarik.


Karena desainnya yang simpel tersebut aku jadi terinspirasi untuk membuat karakterku sendiri. Yup, avatar yang kugunakan merupakan "aku" versi kartunnya.. Meskipun lebih keren yang kartunnya. Heheh.. Setelah seharian mencoba menggambar di Illustrator (my favorite image editor), akhirnya terciptalah gambar tokoh "aku".



Tuh kan.. Simpel banget sob.. Desain kaos lengan panjangnya sesuai dengan kaos yang sering kupakai, trus pake celana jeans dan sepatu kets. Cute banget yak.. (narsisituoke.com). Well, kalo avatarnya gambar penuh seluruh tubuh, ntar terlalu kegedean. Alhasil diriku buat sampai sebatas pinggang ajah. Oke, jadi deh avatarnya..



Tapi, err.. maksud posisi tangan kanan di gambar tersebut apa yak? Umm, kayaknya kurang oke kalo gambarnya statis seperti itu. Nah, dengan sedikit otak-atik pake ImageReady. Bikin layer sana-sini. Akhirnya jadilah Avatar dengan animasi seperti ini.



Avatar dengan gambar "Aku" yang sedang melambaikan tangan, menyapa seluruh pengunjung blogku. Heheh.. Cukup atraktif dibandingkan desain avatar yang sebelumnya.. Well, thats it, cerita seputar avatar.. Semoga bisa jadi inspirasi bagi sobat-sobat sekalian. Oh iya, aku jadi punya ide nih untuk proyek selanjutnya. So, tunggu cerita selanjutnya yak.. Many thanks sudah menyempatkan diri membaca postingan ini..
Gbu all.
Read more!
 

Mimb's Blog Copyright © 2009 All Rights Reserved | Design by Mimbs | Image Uploaded by Photobucket